Beruntung, Jika Kalian Temukan Tanaman Seperti Ini! Sungguh Tak Disangka Ternyata

Beruntung, Jika Kalian Temukan Tanaman Seperti Ini! Sungguh Tak Disangka Ternyata
Beruntung, Jika Kalian Temukan Tanaman Seperti Ini! Sungguh Tak Disangka Ternyata
Tahukah Sobat akan tanaman yang satu ini? Tanaman ini biasanya tumbuh di area yang tidak menentu, karena tanaman seperti dikategorikan sebagai tanaman liar. Tanaman yang memiliki nama Kitolod ini kerap dijumpai di area sekitar lembab seperti dekat selokan, danau, pinggir sungai, atau persawahan.

Perlu Sobat ketahui bahwa tanaman kitolod memiliki kandungan lobelin dan isotomin. Daun kitolod ini juga mengandung saponin dan polifenol. Bunga pada tanaman ini biasanya berwarna putih yang akan tumbuh di bagian ketiak daun. Daunnya memiliki ciri meruncing dan sedikit bergerigi.


Dan hebatnya meski tanaman ini tergolong tumbuhan liar, namun ternyata tanaman ini memiliki khasiat yang berguna untuk kesehatan manusia. Salah satu khasiat yang amat menonjol dari tanaman ini adalah sebagai obat mata. Namun saat mencabut tanaman ini diharuskan Sobat memakai sarung tangan, karena getah tanaman ini sensitif terhadap kulit.



Namun karena tanaman ini memiliki banyak kandungan zat kimia, jadi jangan gunakan daun kitolod ini secara berlebihan. Alangkah baiknya hilangkan dulu getah yang keluar sampai bersih dengan air, sebelum menggunakan bunga tanaman ini untuk obat mata. Dan selain untuk obat mata, ternyata daun kitolod ampun mengobati sakit gigi, asma, sakit tenggorokan, dan luka luar.

Nah bagaimana menurut Sobat semua disini akan tanaman liar kitolod itu? Apakah Sobat pernah menjumpai tanaman seperti ini tumbuh di sekitar rumah kalian? Kalau ada, sungguh beruntung sekali, karena tanaman ini memiliki kaya akan manfaat..!

Load disqus comments

0 comments