5 Alasan Sering Terkena Flu yang Tidak Diketahui

5 Alasan Sering Terkena Flu yang Tidak Diketahui
Musim hujan apalagi saat kondisi sedang pancaroba memungkinkan seseorang lebih rentan terkena flu. Tapi selain ini, ada sejumlah hal yang kerap tidak disadari yang bisa yang rupanya bisa meningkatkan peluang seseorang terkena flu.

Seperti yang diketahui Flu Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai rhinovirus yang bertanggung jawab untuk setidaknya 50% dari pilek. Virus lain yang juga dapat menyebabkan munculnya gejala ini adalah virus pernapasan syncytial, coronavirus, influenza dan parainfluenza.

Menukil dari Boldsky, Sabtu (18/8/2018), kali ini ayobandung membawa informasi lima hal yang tidak disadari ketika seseorang terkena flu.

1.Tidak Cuci Tangan

Salah satu alasan terkena pilek setiap saat adalah karena kebiasaan seseorang tidak mencuci tangan dengan sabun dan air. Mencuci tangan harus dilakukan selama 20 detik agar tangan bebas kuman.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, mencuci tangan diperlukan sebelum dan sesudah merawat orang yang sakit, setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah mengobati luka atau luka, sebelum makan, sebelum, sesudah dan selama membuat makanan, setelah bersin dan meniup hidung, setelah menyentuh kotoran hewan dan setelah menyentuh sampah.


2. Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Kebiasaan ini adalah alasan lain mengapa seseorang sering jatuh sakit. Tangan selalu terkontaminasi bakteri karena, mereka menyentuh benda-benda sepanjang hari. Kemudian tanpa sadar, kita menyentuh wajah. Tentunya hal inini meningkatkan risiko sakit. Lantaran, virus influenza akan masuk ke tubuh melalui mata, mulut dan hidung. Jadi, jauhkan tanganmu dari wajahmu.

3. Tidak Minum Cukup Air

Dehidrasi melemahkan sistem kekebalan yang membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit dingin dan lainnya. Minum air dalam jumlah yang cukup dalam menyiram keluar kuman dari tubuh sehingga membantu sistem kekebalan dalam menangkal dingin.

4. Sering Bepergian

Sering bepergian untuk pekerjaan dapat membuat seseoramh rentan terhadap dingin karena kualitas udara atau frekuensi kurang dari mencuci tangan. Selain itu, seseorang yang memiliki pekerjaan office hours alias kerja kantoran dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB pun ada kemungkinan seseorang terkena flu dengan mudah.

Lantaran jika salah satu rekan kerja terkena pilek dan bisa bersin terus menerus, secara oromatis kuman menyebar di udara membuat yang lain juga sakit.

5. Melewatkan Olahraga

Alasan lain untuk masuk angin adalah seseorang yang tidak sering berolahraga. Secara medis, latihan rutin ringan dapat meningkatkan kekebalan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal Of Medicine, para peneliti menemukan bahwa berolahraga akan meningkatkan kadar immunoglobulin A (IgA) saliva. Ini adalah antibodi yang ditemukan dalam lendir yang sangat penting untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh.
Load disqus comments

0 comments